Selasa, 09 Juli 2013

Persiapkan Kondisi Mobil Jelang Liburan


Jelang masa liburan sekolah, ada baiknya persiapkan mobil Anda dalam kondisi prima, karena bukan tidak mungkin jika buah hati tercinta menuntut Anda meluangkan waktu luang untuk menemaninya plesiran guna mengisi waktu libur.
  • -          Periksa service book mobil Anda, pastikan Anda mengetahui kapan terakhir Anda melakukan servis berkala dan kapan jatuh tempo waktu melakukan servis selanjutnya.
  • -          Percepat waktu penggantian oli sebelum waktu penggantian oli selanjutnya, ini hanya sebagai antisipasi agar kondisi mesin lebih prima
  • -          Lakukan penggantian part fast moving seperti kampas rem, brake shoes, kampas kopling, timing belt, filter oli, busi, dan jika perlu filter udara
  • -          Cek kondisi AC mobil, lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kisi – kisi AC, blower, dan saringan udara, jika perlu dilakukan penggantian part serta penambahan Freon, ada baiknya hal tersebut dilakukan.
  • -          Kuras dan ganti air radiator, bila terjadi sumbatan di area kisi – kisi radiator, segera lakukan pembersihan
  • -          Cek kondisi kaki –kaki , jika kondisi sobreker sudah tidak berfungsi dengan baik, disarankan untuk melakukan penggantian agar kenyamanan saat berkendara lebih maksimal
  • -          Cek kondisi ban mobil Anda. Pastikan bunga ban masih terlihat jelas dan dalam kondisi baik, jika ada sebagian kondisi ban yang sudah tidak baik, bisa disiasati dengan merotasi ban dan bila perlu beli ban baru untuk menggantikan fungsi ban yang sudah dalam kondisi tidak sehat.
  • -          Periksa ban serep. Pastikan ban serep tidak kempis dan karet ban tidak terlihat getas. Untuk keseluruhan ban, baiknya ganti udara dalam ban dengan menggunakan nitrogen
  • -          Lihat car entertainment Anda, hal ini mutlak dilakukan untuk mengusir rasa jemu saat berkendara, bila diperlukan bisa menambahkan tv portable namun disarankan tv tidak ditempatkan di head rest saja, karena jika ditaruh di area head unit (dashboard) akan mengganggu konsentrasi pengemudi.
Beberapa checklist di atas hendaknya dilakukan sebelum memulai perjalanan liburan Anda, terlebih jika perjalanan terbilang jauh (keluar kota). Servis berkala baiknya dilakukan di bengkel resmi, dan sebagai langkah antisipasi catat lokasi bengkel diluar kota sesuai arah tujuan liburan Anda. Bagi Anda pengguna Daihatsu, bisa menghubungi Hotline Daihatsu Acces di (kode area) 500898 atau Daihatsu Emergency Roadside Assistance di (kode area) 500898, atau untuk lebih detail bisa mengakses website resmi Daihatsu di www.daihatsu.co.id . Selamat liburan..!  (RAO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar